Rabu, 18 April 2012

Profil Obat >> Cefadroxil

Komposisi
Tiap kapsul mengandung Cefadroxil monohidrat setara dengan Cefadroxil anhidrat 500 mg.

Indikasi  
Infeksi saluran nafas, kulit dan jaringan lunak, ISK, saluran GI, dan infeksi lain yang disebabkan oleh bakteri yang peka, osteomilitis, arthritis, septikemia.

Dosis 
Dewasa : Infeksi saluran kemih : 1-2 g/hari dosis tunggal atau dalam 2 dosis terbagi tiap 12 jam. Infeksi kulit dan jaringan lunak : 1 g/hari atau 500 mg/12 jam. Faringitis, tonsilitis yang disebabkan oleh Streptococcus-haemolyticus : 1 g/hari dalam 2 dosis terbagi diberikan selama 10 hari. Infeksi ringan : 1 g/hari dalam dosis terbagi dua (2 x 500 mg). Infeksi sedang sampai berat : 1-2 g/hari dalam dosis terbagi 2 (500 mg-1 g tiap 12 jam).

Anak : 30 mg/kgBB/hari dalam 2 dosis terbagi tiap 12 jam.

Kontraindikasi
Hipersensitivitas terhadap sefalosporin

Farmakologi 
Sefadroksil adalah antibiotik semi sintetik yang ditujukan untuk pemakaian secara oral. Penelitian secara in vitro menunjukkan bahwa sefalosporin bersifat bakterisidal karena bekerja dengan cara menghambat sintesis dinding sel. Sefadroksil diabsobsi secara sempurna dari saluran pencernaan. Pemberian bersama makanan tidak menunjukkan adanya efek terhadap absorbsi sefadroksil. Sekitar 20% terikat pada protein plasma dan lebih dari 90% dosis sefadroksil diekskresikan dalam bentuk utuh dalam urin selama 24 jam melalui filtrasi glomerulus dan sekresi tubular.

Efek Samping 
Sefadroxil umumnya dapat ditoleransi dengan baik. Bila timbul efek samping biasanya bersifat ringan dan berlangsung singkat. Efek samping yang pernah dilaporkan : gangguan gastrointestinal, reaksi alergi, kolitis pseudomembran,kelainan hematologi dan fungsi hati yang bersifat transien.

Interaksi 
Aminoglikosida, diuretik poten dan probenesid

Peringatan/Perhatian 
Hipersensitif terhadap penisilin, gangguan fungsi ginjal, mendapat terapi diuretik poten dan antibiotik nefrotoksik.

0 komentar:

Posting Komentar

Dunia Kecil crybabyzz, A Little Wordl with Great Dreams...Hope you'll enjoy it... Gamsa hamida.....!!!! Annyeong.....!!!!