Senin, 23 April 2012

Profil Obat >> Metronidazole

Komposisi 
Tiap tablet mengandung Metronidazole 500 mg 
 
Indikasi 
Trikomoniasis, seperti vaginitis dan uretritis yang disebabkan oleh Trichomonas vaginalis. Amebiasis, seperti amebiasis intestinal dan amebiasis hepatic yang disebabkan oleh E. histolytica. Sebagai obat pilihan untuk giardiasis.

Dosis 
Trikomoniasis : Dewasa : Untuk pengobatan 1 hari : 2 g 1 kali atau 1 gram 2 kali sehari. Untuk pengobatan 7 hari : 250 mg 3 kali sehari selama 7 hari berturut-turut.

Amebiasis: Dewasa : 750 mg 3 kali sehari selama 10 hari.
Anak-anak : 35 - 50 mg/kg BB sehari dalam dosis terbagi 3, selama 10 hari. Giardiasis: Dewasa : 250 - 500 mg 3 kali sehari selama 5 - 7 hari atau 2 g 1 kali sehari selama 3 hari. Anak-anak: 5 mg/kg BB 3 kali sehari selama 5-7 hari.

Kontraindikasi
Hipersensitif terhadap metronidazole atau turunan Nitroimidazol lain, dan hamil trimester I

Farmakologi 
Metronidazole adalah antibakteri dan antiprotozoa sintetik derivat nitroimidazol yang mempunyai aktivitas bakterisid, amebisid, dan trikomonosid. Dalam sel atau mikroorganisme metronidazole mengalami reduksi menjadi produk polar. Hasil reduksi ini mempunyai aksi antibakteri dengan jalan menghambat sintesa asam nukleat.

Peringatan/Perhatian 
Pasien dengan gangguan ssp, dikrasia darah, dan hindari konsumsi alkohol, gangguan hati berat, anak, lansia dan laktasi.

Efek Samping 
Mual, muntah, rasa tidak enak pada abdomen, rasa logam pada lidah, diare, neuropati perifer, leukopenia, dan trombositopenia sementara, infark miokard, hipertensi, fotosensitivitas

Interaksi Obat
Metronidazol menghambat metabolisme warfarin dan dosis antikoagulan kumarin lainnya harus dikurangi. Pemberian alkohol selama terapi dengan metronidazole dapat menimbulkan gejala seperti pada disulfiram yaitu mual, muntah, sakit perut dan sakit kepala. Dengan obat-obat yang menekan aktivitas enzim mikrosomal hati seperti simetidin, akan memperpanjang waktu paruh metronidazol.

0 komentar:

Posting Komentar

Dunia Kecil crybabyzz, A Little Wordl with Great Dreams...Hope you'll enjoy it... Gamsa hamida.....!!!! Annyeong.....!!!!