Jumat, 20 April 2012

Profil Obat >> Dulcolax Suppositoria

Komposisi
Bisakodil 10mg/suppositorium; 5 mg/suppositorium anak.

Indikasi 
Untuk mengatasi konstipasi. Untuk persiapan prosedur diagnostik, terapi pra dan pasca bedah. Dan untuk kondisi yang memerlukan defekasi.
 
Dosis
Suppositoria konstipasi dewasa & anak >12 tahun. 1 suppositoria ped (5 mg).

Kontraindikasi
Ileus, obstruksi intestinal, kondisi pada abdomen yang memerlukan tindakan operasi termasuk apendisitis, penyakit inflamasi akut pada usus besar dan dehidrasi berat. 



Farmakologi
Derivat difenilmetan ini adalah laksankontak popular yang bekerja langsung terhadap dinding usus besar (colon) dengan memperkuat peristaltiknya. Tinjapun menjadi lunak. Resorpsi dalam usus halus sampai 50% dan setelah diasetilisasi di hati sebagian dikeluarkan dengan empedu dan mengalami siklus enterohepatis. Metabolitnya juga aktif. Sisanya diekskresikan melalui ginjal. Defekasi terjadi lebih kurang 7 jam, pada penggunaan rectal setelah lebih kurang 30 menit. 

Efek Samping
Kram & nyeri abdomen, diare, reaksi alergi termasuk angiodema & reaksi anafilaktoid.

Interaksi Obat
Pada dosis tinggi, resiko gangguan keseimbangan elektrolit akan meningkat jika diberikan bersama diuretik & adrenokortikosteroid. Glikosida jantung.

Peringatan/Perhatian
Hindari penggunaan jangka panjang. Hamil & laktasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Dunia Kecil crybabyzz, A Little Wordl with Great Dreams...Hope you'll enjoy it... Gamsa hamida.....!!!! Annyeong.....!!!!