Minggu, 05 Februari 2012

Love Phobia >> Korean Movie (2006)


Karena dah beberapa hari kangen nonton film sedih, jadinya kemarin malam saya datang ke video rental buat nyari-nyari judul ke kemungkinan bisa bikin mewek,,,dan akhirnya nemu “Love Phobia”….. Filmnya sih dah dari 2006 lalu, cuman baru kesampaian nonton & kebawa ma filmnya jadinya terinspirasi buat nulis ceritanya…..^^



Judul : /도마뱀/ Domabaem, Love Phobia
Genre : Romance
Tanggal Rilis : 27 April 2006
Durasi : 117 menit
Sutradara : Kang Ji-eun
Produser : Jung Seung-hye
Penulis : Hwang In-ho


Alur Cerita :

Film ini mengisahkan kisah cinta selama 20 tahun antara seorang pemuda polos bernama Cha Jo Kang dengan seorang gadis aneh bernama Ari. Yang lebih sering dipanggil Ari-Ari Dong Dong

Awal pertemuan mereka adalah ketika Ari pindah ke desa Jo Kang. Dimana Jo Kang tertarik saat pertama kali melihat Ari dengan memakai jas hujan kuning.


Ternyata itu adalah hari pertama Ari bersekolah di SD Jo Kang, dengan lincah Ia memperkenalkan diri di depan kelas, dan memaksa agar teman-temannya untuk bertanya padanya. Setelah seluruh kelas diam akhirnya Ari mencari ketua kelas dan memintanya bertanya. Si ketua kelas dengan enggan berdiri dan bertanya mengapa Ia memakai jas hujan padahal hari tidak sedang tidak hujan?. Ari lalu menjelaskan bahwa Ia melakukannya agar kutukannya tidak menyebar, Ia menceritakan bahwa di hari dimana Ia dilahirkan, Ia mendengar suara yang berkata bahwa Ia bukanlah penduduk bumi melainkan dia adalah makhluk luar angkasa yang berasal dari planet Epsilon dan siapa saja yang menyentuhnya akan mendapatkan sial, termasuk ibu, ayah, dan neneknya. Tentu saja cerita ini membuat panik seluruh kelas dan mereka takut mendekati Ari, kecuali Jo Kang. Saat Ari bertanya apakah dia tidak takut padanya. Jo Kang menjawab bahwa Ia sedikit takut, tapi Ia tidak akan menjauhi Ari karena mereka teman sebangku. Seorang guru memergoki mereka ngobrol saat sedang membersihkan kelas. Dan Ia lalu mencubit pipi Ari tapi ternyata Ari mempunyai pelindung yakni seekor kadal yang selalu Ia bawa di sakunya. Ibu Guru itu ketakutan dan pergi. Setelah itu, Ari bercerita kepada Jo Kang tentang kekhawatirannya pada Guru mereka, dan ternyata kutukan itu terbukti, sang Guru terjatuh saat tengah mengendarai sepedanya. Oiya mana kadal itu Tirokaka kurukuru kandabia saurusia,,,Ari percaya kadalnya keturunan dinosaurus yang pernah menguasai dunia.



Suatu hari Ari kehilangan kadalnya saat dalam perjalanan pulang. Jo Kang melihat kadal itu melompat ke sawah dan membantu Ari mencarinya. Walaupun mereka tak dapat menemukannya dan mencari tempat berteduh karena hujan, pada saat itu mereka berbagi jas hujan dan Ari bersandar di bahu Jo Kang, keesokan harinya Jo Kang kena campak dan tidak datang ke sekolah. Ari merasa sangat bersalah dan menghilang hingga hari kepindahan Ari ke Seoul. Tapi sebelum pindah Jo Kang mendatangi biara tempat tinggal Ari. Ia bertemu dengan seorang pendeta dan menitipkan sebuah kotak kayu kepadanya. Isi kotak itu adalah sebuah pahatan kayu yang bentuknya mirip kadal.

Ceritanya berlanjut sepuluh tahun kemudian, ketika Jo Kang mendapatkan telepon dari Ari yang memintanya kembali ke desa untuk persiapan masuk Universitas. Mereka kembali akrab seperti masa sepuluh tahun silam. Jo Kang berusaha untuk menunjukkan perasaannya kepada Ari, dan dia tahu gadis itu juga mencintainya, tapi selalu berusaha menghindar dengan alasan-alasan yang dianggapnya tidak masuk akal. Di malam terakhirnya di desa, Jo Kang mendatangi kamar Ari, Ari membawa beberapa buah apel dan meminta Jo Kang mengupasnya untuk mereka makan, Jo Kang bertanya apa yang akan dilakukannya 10 tahun lagi, dan Ari berkata bahwa Ia akan menikah dengan seorang bankir tampan. Jo Kang mengelak bahwa Ia tidak ingin menjadi bankir dan Ari mengejeknya “apa kau merasa dirimu tampan?’ Jo Kang terdiam. Mengapa bankir? Ari berpendapat bahwa mereka kemudian bisa merampok bank bersama dan uangnya bisa untuk membeli pesawat agar Ari bisa kembali ke asalnya, di luar angkasa sana (lagi,,lagi,,bicara aneh). Ari juga menceritakan bahwa Ia menyukai sushi dan pernah bermimpi memakannya. Jo Kang berkata bahwa Ia malah sudah sangat bosan karena ayahnya membuka restaurant Jepang. Sekembalinya ke kamarnya, Jo Kang tidak dapat tidur, akhirnya di tengah malam Ia menyelinap keluar dan kembali ke rumahnya di Seoul. Ia membangunkan ayahnya untuk membuatkan sushi untuk Ari. Karena ayahnya membuatnya dengan setengah-setengah, Jo Kangpun berjanji bahwa jika Ia mengerjakannya dengan baik, Ia akan masuk dalam 10 besar di ujian nanti. Ayahnya setuju.
  


Ari bangun di pagi hari, Ia mendapati susunan batu yang berbentuk tanda panah di depan kamarnya. Ia kemudian mengikuti tanda-tanda panah itu dan di ujungnya Ia menemukan hidangan yang disukainya. Ia lalu berteriak memanggil Jo Kang dan mengancam bahwa Ia tidak akan makan jika Jo Kang tidak keluar di persembunyiannya. Dengan senyuman Jo Kang pun muncul. Ari mendekatinya dan berkata “apa kau siap untuk kena campak lagi?” kemudian Ia mencium Jo Kang. Dan ternyata hal itu menyebabkan Jo Kang terkena flu. Kemudian Ari kembali menghilang.

Delapan tahun kemudian, serita berlanjut ketika Jo Kang sedang bekerja sebagai teller di bank dan Ari kembali muncul tiba-tiba dihadapannya dan bersikap seolah olah mereka tidak pernah berpisah lama sebelumnya. Walau terlihat syok dalam hati Jo Kang sangat bahagia, tapi Ia juga khawatir Ari akan pergi lagi sehingga walau Ari berkata akan menunggu hingga pekerjaan Jo Kang selesai, Jo Kang tetap cemas dan tidak bisa konsentrasi. Ia kemudian membuka tali sepatunya dan menghampiri Ari di kursi tunggu, lalu Ia membungkuk dan mengikat sebelah kaki Ari dengan tali tadi ke kaki kursi. "Hanya untuk 1 jam" katanya.
 

  
Ternyata Ari masih terus percaya pada makhluk asing, ketika Jo Kang bertanya mengapa Ia menghilang, Ari beralasan bahwa Ia sedang dicari-cari oleh NASA, sebab tubuhnya selalu bisa mengundang UFO untuk datang ke bumi, dan Ia adalah sepupu E.T... (tambah aneh aja....) Sebenarnya Jo Kang sudah ingin menunjukkan keseriusannya pada Ari, tapi gadis itu mengelak bahwa Ia lapar. Mereka lalu ke rumah Jo Kang dan Ayah Jo Kang membuatkan sushi khusus untuknya. Di perjalanan pulang, Ari berkata bahwa besok Ia akan ke Amerika. Lagi-lagi pergi semaunya, jadi untuk apa kembali? Jo Kang benar-benar kasihan, tapi Ia selalu mempercayai perkataan Ari, menerimanya dan mengikuti semua keinginannya.   



Setelah beberapa waktu berlalu, Jo-Kang tanpa sengaja melihatnya ketika sedang menjenguk rekan kerjanya di rumah sakit. Tapi karena Ia hanya melihat punggungnya dari belakang Ia menjadi kurang yakin, ditambah lagi setelah seorang perawat memanggilnya dengan nama Kim Eun-jung.




Tapi ternyata nasib membawa Jo Kang pada kenyataan yang sebenarnya. Di rumah sakit Ia bertemu dengan seorang anak yang membawa ukiran kadalnya. Anak itu berkata bahwa Eun Jung memberikan kepadanya. Ia lalu menemui dokter untuk mengomfirmasi kebenarannya.

Jo Kang dihadapkan pada kenyataan yang sangat mengejutkan. Ari, gadis yang dicintainya ternyata tertular AIDS sejak berumur 5 tahun. Ia mendapatkannya melalui transfusi darah yang harus diterimanya pasca kecelakaan yang juga menewaskan kedua orang tuanya. Ia kemudian hidup bersama pamannya yang merupakan seorang pendeta biara. Ari tak sengaja mendengarkan pamannya marah pada dokter akhirnya mengetahui penyakitnya. Ia menemui seorang dokter dan bertanya apa itu AIDS? Dan dokter yang ditemuinya berkata bahwa penyakit itu adalah flu yang ditularkan oleh makhluk asing. (Nah, ternyata disini awal mula cerita aneh itu…..) Tapi Ari kecil  yang memang cerdas mencari tahu hal sebenarnya. Ia tahu bahwa kalau dia bisa menularkan penyakit itu pada orang lain, Ari kemudian menghindari bersentuhan dengan orang lain dan untuk melindungi teman-temannya di sekolah Ia sengaja memakai jas hujan, serta membawa kadal agar Ia bisa membuat gurunya takut (kalau dipikir-pikir, untuk seorang anak umur 5 tahun, ini betul-betul pemikiran yang hebat,,,).



Alasan ini pula yang membuatnya menghindari Jo Kang walaupun dia tahu begitu mencintainya...

Selama menghilang, Ari sebenarnya dirawat di rumah sakit, tapi Ia juga mempunyai aktivitas lain yakni sebagai fotografer (sama seperti mendiang Ayahnya). Setelah Jo Kang mengetahui kenyataannya, Ari mengajaknya mengunjungi sebuah kafe, sebenarnya lebih seperti rumah karena tak ada pengunjung yang datang. Di rumah itu Ari berkumpul dengan teman-temannya yang juga percaya pada UFO dan makhluk luar angkasa. Sang pemilik membangun rumah di tengah padang rumput itu karena Ia pernah mendapatkan bekas di padang itu yang Ia percayai sebagai jejak UFO. Ari menunjukkan banyak foto-foto tentang jejak itu dan juga Ia menceritakan harapannya agar mereka benar-benar datang, membawanya dan menyembuhkannya. Lalu Ari jatuh sakit dan kembali di rawat, dan kini keadaannya tambah parah dan koma.

Jo Kang bertekad untuk membahagiakan Ari di sisa umurnya, termasuk untuk mewujudkan harapannya yang mustahil.  Jo Kang ingin mengundang UFO datang dengan membuat “crop circle” sama seperti jejak di foto yang Ari pernah tunjukkan. Dan sungguh ajaib, Ari terbangun dari komanya, Ia kemudian menyuruh Jo Kang menjemputnya di rumah sakit dan memintanya untuk menunjukkan crop circle yang telah dibuatnya.



Jo Kang memasang lampu-lampu kecil sehingga membuat crop circle itu bercahaya di malam hari, dan Ari berdiri di tengahnya (romantic khan….) dan mereka menunggu,, menunggu hingga UFO datang….



Setelah lama di sana, Jo Kang mulai putus asa dan bertanya mengapa mereka belum datang?? Apa mereka tidak melihat tandanya?? Kemudian Ari berkata bahwa Ia mulai mengantuk, tapi Jo Kang melarangnya tidur. Jo Kang kemudian bangkit dan menaiki sepedanya, Ia mengitari Ari sambil menyanyikan lagu yang biasa mereka nyanyikan di waktu kecil dulu…. Lalu Ari mulai menangis, dan Jo Kang juga berhenti, Ia juga menangis… Jo Kang menyatakan perasaannya pada Ari “Aku mencintaimu”. Tapi Ari menjawabnya “Maafkan Aku”. Jo Kang mengatakannya lagi dan dijawan dengan sama oleh Ari hingga 3 kali. (Duh,,,,sedih bangeeet….)

Lalu tiba-tiba, seluruh lampu-lampu itu kerlap-kerlip,,, kemudian ada cahaya terang dan Jo Kang hanya diam, sepertinya Ia tahu sudah saatnya. Ari menyuruhnya untuk tidak berbalik melihatnya dan selalu….. Jo Kang menurutinya sambil menangis…. Ari bertanya apakah Ia tidak ingin membiarkannya pergi?? Jo Kang menjawab bahwa Ia akan membiarkan karena dengan begitu Ari akan sembuh dan tidak sakit lagi. Kemudian cahaya itu menghilang. Dan tidak diceritakan lagi tapi menurut Jo Kang tak seorang pun akan percaya bahwa Ari telah pergi bersama makhluk asing.


 

“Jangan terlalu jauh meninggalkan diriku, agar aku dapat mencarimu. Kekasih yang selalu melarikan diri dariku, hingga aku ingin menghentikan perputaran waktu.”
 The End.


Pemeran :

Kang Hye-jeong sebagai Ari / Kim Eun-jung
Jo Seung-woo sebagai Cha Jo-kang
Kang Shin-il
Lee Jae-yong
Jeong Seong-hwa
Park Shin-hye
Park Geon-tae
Byeon Ju-yeon
Jeong Jin-yeong (cameo)


Sungguh kisah cinta yang begitu menyentuh...


1 komentar:

  1. ghia dah lama dapat filmnya dari seorang teman dan emang ghia kolektor film & Drama korea, tapi gak tertarik nonton, sampai tadi malam kehabisan film untuk ditonton dan mau gak mau nonton nie film, ternyata bagus banget ceritanya, sedih. cuman endingnya ghia kaget ternyata si Ari-Ari Dong Dong beneran makhluk asing???, but terlepas dari itu ghia suka banget ceritanya dan ostnya juga bagus d akhir.

    BalasHapus

Dunia Kecil crybabyzz, A Little Wordl with Great Dreams...Hope you'll enjoy it... Gamsa hamida.....!!!! Annyeong.....!!!!