Minggu, 05 Februari 2012

Heartbreak Library >> Korean Movie (2008)


Judul : Heartbreak Library / The Man Book 198 Pieces / 그 남자의 책 198쪽 / Keu Namjaui Chak 198Jjeuk
Genre : Romance
Tanggal Rilis : 23 Oktober 2008
Durasi : 99 menit
Sutradara : Kim Jeong-kwon 
Penulis Naskah : Na Hyeon, Park Eun-yeong
Producer : Lee Ho-yeon , Park Jun-hong 

Melihat dari judunya tentu kita sudah dapat menebak "Heartbreak Library" bahwa film ini mengambil latar di perpustakaan. Tapi tenang saja film yang satu ini enak untuk diikuti, apalagi dibintangi oleh Lee Dong Wook,,,hmm pasti dah bisa kebayang khan..... Berikut alur ceritanya.

Cho Eun Su (Eugene/Yoo Jin) berkerja sebagai seorang pustakawan di sebuah perpustakaan pusat. Ia baru saja ditinggalkan oleh kekasihnya dan masih sedikit patah hati. Hal ini hampir membuatnya kehilangan semangat hidup, ditambah lagi dengan kegiatannya sehari-harinya yang terbilang monoton dan membosankan.

Namun semua itu berubah ketika pada suatu hari Eun Su yang sedang menjaga memergoki seorang pengunjung misterius yang selalu berpakaian serba hitam seperti sedang dari pemakaman dan sering membuat masalah dengan menyobek halaman 198 dari setiap buku yang dia baca.
Eun Su yang sangat menghargai buku tentu saja tidak terima dan melabrak pria itu serta melaporkannya pada petugas keamanan. Pria itu diketahui bernama Kim Jun Oh (Lee Dong Wook).

Pimpinan perpustakaan mengambil alih keadaan untuk menyelesaikan masalah, dan akhirnya bisa terselesaikan. Ia mengusulkan kepada Jun Oh untuk menggunakan fotokopi jika Ia menginginkan halaman tersebut dan tidak perlu merobeknya. Jun Oh dengan polos mengatakan bahwa ia tidak tahu ada hal seperti itu.... (hohoho....^^)

Sejak saat itu Jun Oh lebih sering datang ke perpustakaan. Bahkan tiap hari. Eun Su yang penasaran menawarkan bantuan kepadanya. Akhirnya Jun Oh menceritakan bahwa Ia mencari sebuah pesan yang ditinggalkan oleh pacarnya di dalam sebuah buku. Ia menunjukkan sebuah catatan kecil kepada Eun Su yang bertuliskan "Semua perasaanku padamu tertulis disana, di halaman 198" dan itulah alasan mengapa Jun Oh selalu merobek halaman 198 disetiap buku yang dia pinjam. Eun Su menanyakan mengapa Jun Oh tidak menanyakan langsung kepada orangnya? dan Jun Oh menjawab bahwa ha itu tidak bisa karena Ia telah pergi. Tapi dia sering meminjam buku di perpustakaan itu, makanya Jun Oh akan mencari halaman 198 seluruh buku di perpustakaan.
Eun Su memutuskan untuk membantunya. Ia kemudian mencari data buku-buku yang pernah dibaca oleh Min Kyung (mantan kekasih Jun Oh) di komputer perpustakaan, dan ternyata Ia jumlahnya 976 buku. (wow benar-benar kutu buku)....Eun Su juga memuji bahwa dia telah memenangkan penghargaan bulan sebelumnya di perpustakaan. Maka petualangan mencari halaman 198 dimulai. Mereka mengumpulkan semua buku yang terdapat dalam daftar pinjaman dan mencarinya semalam suntuk dan hanya berhasil menyelesaikan sepertiganya. Dan karena hal ini mereka menjadi dekat.


Jun Oh mencatat beberapa kalimat yang ditemukannya di halaman 198. Lalu Ia menunjukkan sebuah buku ke Eun-Soo yg pada baris ke-6 dari bawah dan baris ke22 dari atas berisi janji untuk bertemu di pelabuhan,198 menurut Joon-Oh berarti pukul 19:08 saat senja menjelang, sebelumnya Joon-Oh dan Min-Kyung pernah bertemu di pelabuhan. Keesokan harinya, tepat hari 1 tahun Joon-Oh dan Min-Kyung jadian, meski hujan deras dari pukul 19:08 Joon-Oh menunggu Min-Kyung di pelabuhan,tapi Min-Kyung tak datang.

Kemudian, Eun su membantu Joon-Oh mencari tahu alamat rumah Min-Kyung dari arsip data pengunjung. Joon-Oh mengajak Eun-Soo menemaninya kesana. Mereka lalu naik kereta ke Chuncheon, dan disini ada adegan romantis saat Joon-Oh tidak sengaja tertidur dan menyandarkan kepalanya di bahu Eun-Soo.




Jun Oh bahagia karena akan menemui kekasihnya sementara di saat yang sama Eun Su mulai menyukai Jun Oh. Kemudian, Seperti yg telah dijanjikan Joon-Oh akan mentraktir makan Eun-Soo. Mereka lalu ke restoran yang ternyata milik Joon-Oh, dan ia sebenarnya pembuat sashimi terkenal. Joon-Oh lalu menyiapkan sendiri sashimi untuk Eun-Soo.

Eun-Soo kembali bekerja seperti biasanya. Ia diberi tugas oleh pimpinan menghubungi member yang belum mengembalikan buku-buku perpustakaan, dan pada list member tersebut tertulis Suh Min-Kyung, Eun-Soo menanyakan alamat dan no. telp Min-Kyung dan berniat menyerahkannya pada Joon-Oh. Tapi Ia tidak menemukan Jun Oh di apartemennya. Setelah menelepon ke rumah Min-Kyung Ia lalu ke restoran Joon-Oh dan bertemu Ahjussi, teman ayah Joon-Oh yang merawat Joon-Oh sejak ayahnya meninggal.

Eun Soo bertanya apakah Ahjussi mengenal Min Kyung dan ahjussi menjawab bahwa Ia mengenalnya dengan baik. Ia bertanya bagaimana Eun Soo bisa mengenalnya dan Eun soo berkata bahwa ia hanya kebetulan mengetahui tentang dia. Tapi Ia menemukan bahwa gadis itu telah meninggal dua bulan yang lalu. Ahjussi berkata bahwa Ia tahu dan yang lebih mengagetkan Eun Soo, Jun Oh juga mengetahuinya.

Kemudian diceritakan adegan dimana Jun Oh mengalami kecelakaan bersama Min Kyung saat sedang dalam perjalanan untuk menemui orang tua Min kyung. Sejak saat itu Jun Oh mengalami trauma, Ia berubah menjadi pendiam dan Ia menjadi takut berhadapan dengan darah.

Ahjussi mengatakan bahwa hari dimana Jun Oh memasak untuk Eun Soo adalah yang pertana kalinya sejak kecelakaan itu.

Keesokan harinya Eun-Soo mendatangi rumah Min-Kyung untuk mengambil buku yang Min-Kyung pinjam sebelum ia meninggal, disana ia bertemu ibu Min-Kyung. Sementara itu, Joon-Oh ternyata sedang naik gunung lalu Ia menyobek catatan Min-Kyung dan membuangnya di tepi pelabuhan tempat dahulu mereka pernah bertemu. 


Eun-Soo membuka buku yang dipinjam Min-Kyung dan mencari halaman 198, tapi halaman terakhir dari buku itu adalah halaman 196. Eun-Soo menghubungi Joon-Oh dan mengajaknya bertemu untuk memberitahu tentang buku tersebut. Namun sebelum ia memberitahu Joon-Oh, Joon-Oh berkata bahwa ia berencara untuk memulai lagi dari awal, dan akan berangkat ke Jepang minggu depan.

Kisah ini ditutup dengan perjalanan Eun-Soo dan Joon-Oh ke Cheongpyeong Temple, dari hasil searchingnya di internet Eun-Soo mencari tahu tentang sejarah dan legenda Cheongpyeong Temple lalu menghafalnya seolah seperti pemandu wisata,semua itu Eun-Soo lakukan untuk Joon-Oh. Ia menceritakan banyak hal kepada Jun Oh yang sepertinya menyadarkannya. Jun Oh mengucapkan maaf dan terima kasih pada Eun Soo.

Dan akhirnya Joon-Oh tidak jadi ke Jepang. Dia kembali membuka restorannya, dan tentu saja ia memulai hidupnya yang baru bersama Eun-Soo.Kini berkat Eun-Soo, Joon-Oh bisa tersenyum kembali..

The End.


Kisah yang berakhir bahagia tentu selalu yang kita harapkan....sayangnya saya sedikit penasaran dengan kata-kata yang ditemukan Jun Oh di pesan yang sebenarnya?? Tapi tetap saja saya cukup salut tentang ide catatan di halaman 198....sepetinya cukup menarik meninggalkan pesan rahasia di halaman buku ^^

1 komentar:

Dunia Kecil crybabyzz, A Little Wordl with Great Dreams...Hope you'll enjoy it... Gamsa hamida.....!!!! Annyeong.....!!!!