Rabu, 15 Februari 2012

Profil Obat >> Metformin



SEKILASTENTANG  METFORMIN..!
Metformin merupakan salah satu jenis obat anti diabetic oral yang tidak menstimulasi pelepasan insulin dan tidak menurunkan gula darah pada orang sehat. Zat ini menekan nafsu makan (efek anoreksia) hingga berat badan tidak meningkat, sehingga layak diberikan pada penderita yang kelebihan berat badan (overweight).
Penderita ini biasanya mengalami resistensi insulin, sehingga obat-obat yang meningkatkan produksi insulin kurang efektif. Mekanisme kerjanya hingga kini belum diketahui secara pasti, tetapi bukan akibat stimulasi produksi insulin. Mungkin berdasarkan peningkatan kepekaan reseptor insulin
INDIKASI
Pengobatan penderita diabetes yang baru terdiagnosis setelah dewasa, dengan atau tanpa kelebihan berat badan bila diet tidak berhasil.
Sebagai kombinasi terapi pada penderita yang tidak responsif terhadap terapi tunggal sulfonil urea baik primer maupun sekunder
Sebagai obat pembantu untuk mengurangi dosis insulin apabila dibutuhkan
KONTRA INDIKASI
Penderita gangguan jantung, gagal ginjal, gagal hati, dehidrasi, dan peminum alkohol, koma diabetik, ketoasidosis, infark miokardial, keadaan penyakit kronik akut yang berkaitan dengan hipoksia jaringan, keadaan yang berhubungan dengan asidosis laktat seperti syok.
DOSIS:
Metformin harus diberikan bersama dengan makanan atau sesudah makan dalam dosis terbagi.

Tablet 500 mg
Dosis : 3 x sehari 1 tablet
Tablet 850 mg
Dosis awal : 1 x sehari 1 tablet (pagi)
Dosis pemeliharaan :  2 x sehari 1 tablet (pagi dan malam)
EFEK SAMPING
Efek samping bersifat reversibel pada :
saluran cerna termasuk anoreksia
gangguan perut
mual/muntah
rasa logam pada mulut
diare dan asidosis laktat

Tahukah anda?
Tumbuhan dengan efek sejenis metformin
Buah Pare (Momordica charantia L.)
Mekanisme penurunan kadar glukosa darah adalah buah pare mengandung polipeptida yang berkhasiat menurunkan kadar glukosa darah dengan cara meningkatkan protein GLUT4 (Glucose  transport─4) yang terdapat pada membran otot sehingga mengurangi resistensi insulin.

0 komentar:

Posting Komentar

Dunia Kecil crybabyzz, A Little Wordl with Great Dreams...Hope you'll enjoy it... Gamsa hamida.....!!!! Annyeong.....!!!!