Selasa, 14 Februari 2012

Profil Obat >> Deksametason

Mengenal lebih dekat….Deksametason

Deksametason  adalah salah satu obat golongan kortikosteroid yang terampuh, kemampuannya dalam menanggulangi peradangan atau bengkak dan alergi kurang lebih sepuluh kali lebih hebat dari obat lainnya dari golongan ini.

Alasan kenapa obat ini diberikan ???

Deksametason diresepkan antara lain pada keadaan berikut :
  • keadaan inflamasi atau peradangan seperti pada rematoid arthritis, asam urat sendi, edema serebral (penimbunan cairan pada otak) yang disebabkan oleh tumor, radang pada selaput lendir hidung dan tenggorokan, telinga dan mata.
  • Keadaan alergi seperti asma bronkial dan rhinitis alergi serta alergi atau gatal-gatal pada kulit
  • Syok juga gangguan endokrin atau hormon.

Bagaimana cara Kerja dari obat ???

Deksametason bekerja dengan memberikan efek vasokontriksi, menghambat pencetus efek radang, serta menekan ransangan gatal dan merubah respon imun tubuh terhadap ransangan yang berbeda.

Dosis Deksametason . . .

*Dosis dewasa : Dosis awal bervariasi : 0,75 – 9 mg sehari tergantung pada berat ringannya penyakit.
* Pada penyakit yang ringan : dosis dibawah 0,75 mg sehari.
* Pada penyakit yang berat : dosis diatas 9 mg sehari.
* Dosis anak-anak :
= 1 tahun : 0,1 – 0,25 mg
1 – 5 tahun : 0,25 – 1 mg
6 – 12 tahun : 0,25 – 2 mg

Pada Keaadaan apa obat ini tidak boleh diberikan???

Deksametason tidak boleh diberikan pada penderita  herpes simpleks pada mata, TBC, ulkus peptik (gangguan pada lambung)  osteoporosis (kerapuhan pada     tulang)
Jangan diberikan pada wanita hamil karena dapat menyebabkan hipoadrenalism pada bayi yang dikandungnya atau diberikan pada dosis serendah-rendahnya.

Perhatian & Peringatan . . .

* Harus diberikan hati-hati pada penderita jantung, tekanan darah tinggi diabetes mellitus, kerusakan ginjal, penyakit infeksi dan usia lanjut
* Menekan daya tahan tubuhterhadap penyakit menular dan penghentian pengobatan harus bertahap bila dipakai jangka panjang.

Efek samping apa yang dapat ditimbulkan oleh penggunaan obat ini???

Retensi air dan garam, edema, peningkatan tekanan darah, gangguan mental, berkeringat, sakit kepala, luka tidak sembuh-sembuh, gangguan siklus haid, lemah otot, gangguan penglihatan, nafsu makan meningkat, menghambat pertumbuhan anak.  

Obat-obat yang dapat mempengaruhi Deksametason…..

Efeknya dapat berkurang dengan penggunaan bersama dengan fenitoin, fenobarbital, rifampisin, vit A, tetrasiklin & antibiotik lain, tiazid, antikoagulan oral, ADO & salisilat

0 komentar:

Posting Komentar

Dunia Kecil crybabyzz, A Little Wordl with Great Dreams...Hope you'll enjoy it... Gamsa hamida.....!!!! Annyeong.....!!!!