Senin, 06 Februari 2012

Cara Pemakaian Obat Pada Telinga


Bagian luar dari telinga terdiri dari lapisan epidermis dan dilapisi oleh semacam lilin yang disebut cerumen. Dengan alasan ini, maka kekuatan obat dibutuhkan lebih kuat dari kulit bagian tubuh lainnya. Sebaliknya jika selaput ini robek atau rusak maka harus diberlakukan sebagai selaput lendir.

Pemakaian obat pada telinga dapat berbentuk obat tetes, serbuk, atau larutan pencuci. Obat tetes dipakaikan langsung pada saluran telinga, serbuk dapat ditaburkan pada rongga telinga, dan obat cuci dapat dituangkan ke dalam rongga telinga.

Untuk menjaga agar pengobatan berjalan konstan, maka sepotong kasa dapat dicelupkan atau diteteskan cairan obat telinga, kemudian ditempatkan ke dalam lubang telinga atau bagian yang sakit. Kalau kasa terlihat kering, maka dapat diteteskan kembali pada kasa yang terdapat pada bagian luar telinga.

Sebelum pemakaian obat, maka bagian telinga yang akan dipakaikan obat haruslah dibersihkan terlebih dahulu dengan air steril/ murni dan dikeringkan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengusapkan kapas telinga yang telah dibasahi. Dapat juga dicuci menggunakan spuit dan larutan garam normal atau alcohol kadar rendah.

Langkah pemakaian obat tetes telinga :
  1. Siapkan alat yang diperlukan seperti pipet tetes, kapas,tisu dll 
  2. Bersihkan tangan   
  3. Siapkan obat, bila perlu hangatkan dengan menggosok botol dengan kedua tangan, sampai suhunya sama dengan suhu tubuh. 
  4. Bersihkan dan keringkan lubang telinga dengan kapas telinga (cotton bud), spuit berisi garam normal atau air hangat 
  5. Teteskan obat dengan cara : Tarik daun telinga (untuk dewasa : pada saat menunduk, tarik keatas bagian atas daun telinga, untuk anak : dalam keadaan sedikit menengadah, tarik ke bawah bagian bawah daun telinga) dengan lembut sehingga lubang telinga terlihat jelas. Teteskan 3-4 tetes atau jumlah dosis obat yang dikehendaki, ke dalam telinga dengan catatan ujung botol tetes tidak menyentuh dinding lubang telinga. Goyangkan daun telinga dengan menempelkan tangan di atas kapas steril beberapa kali agar obat masuk dan melumeri dinding lubang telinga. Jika ada bagian obat yang keluar dari lubang telinga, usap dengan tisu 
  6. Tempatkan sepotong kapas steril ke dalam lubang telinga sekurang-kurangnya 5 menit agar obat tertahan pada lubang selama mungkin 
  7. Cuci tangan dan pasangkan tutup botol dan simpan obat dengan baik.



0 komentar:

Posting Komentar

Dunia Kecil crybabyzz, A Little Wordl with Great Dreams...Hope you'll enjoy it... Gamsa hamida.....!!!! Annyeong.....!!!!