Rabu, 15 Februari 2012

Profil Obat >> Ibuprofen



Ibuprofen adalah sejenis obat yang tergolong dalam kelompok antiperadangan non-steroid (nonsteroidal anti-inflammatory drug) dan digunakan untuk mengurangi rasa sakit akibat artritis.

 

Mengapa obat ini diresepkan?

 

Ibuprofen yang diresepkan digunakan untuk meringankan rasa sakit, nyeri, pembengkakan, dan kekakuan yang disebabkan oleh osteoartritis (radang sendi disebabkan oleh kerusakan pada selaput sendi) dan rheumatoid arthritis (arthritis yang disebabkan oleh pembengkakan selaput sendi).
Ibuprofen yang tidak diresepkan atau dijual secara bebas digunakan untuk mengurangi demam dan mengurangi rasa sakit ringan dari sakit kepala, nyeri otot, arthritis, periode menstruasi, pilek, sakit gigi, dan sakit punggung.

Bagaimana aturan minum obat ini?

 

Usia dewasa dan anak-anak lebih tua dari usia 12 tahun biasanya menggunakan ibuprofen setiap 4 sampai 6 jam yang diperlukan untuk nyeri atau demam. Anak-anak dan bayi biasanya dapat diberikan ibuprofen setiap 6 sampai 8 jam yang diperlukan untuk nyeri atau demam, tetapi tidak boleh diberikan lebih dari 4 dosis dalam 24 jam. Ibuprofen dapat diminum dengan makanan atau susu untuk mencegah sakit perut.

Ikuti petunjuk pada kemasan atau label resep dengan hati-hati, dan mintalah dokter atau apoteker untuk menjelaskan bagian yang tidak Anda mengerti.
Kocok suspensi dan tetes dengan baik sebelum setiap kali akan digunakan untuk mencampur obat-obatan secara merata. Gunakan gelas ukur yang sudah disediakan untuk mengukur dosis masing-masing suspensi, dan menggunakan perangkat yang disediakan untuk mengukur dosis masing-masing dosis tetes.
Apa tindakan khusus yang harus saya ikuti?
*      Sebelum menggunakan ibuprofen,
Beritahu dokter dan apoteker jika Anda alergi terhadap ibuprofen, aspirin atau NSAID lain seperti ketoprofen (Orudis KT, Actron) dan naproxen (Aleve, Naprosyn), ada obat lain, atau salah satu bahan aktif dalam jenis ibuprofen Anda berencana untuk mengambil.
*      Beritahu dokter dan apoteker obat-obatan, vitamin, suplemen gizi, dan produk herbal yang Anda gunakan atau yang akan Anda gunakan. Dokter Anda mungkin perlu mengubah dosis obat Anda atau monitor Anda lebih hati-hati untuk efek samping.
*      Beritahu dokter Anda jika Anda sedang hamil, terutama jika Anda berada dalam beberapa bulan terakhir kehamilan Anda, Anda merencanakan untuk hamil, atau Anda menyusui.
*      Jika Anda memiliki fenilketonuria (PKU, penyakit bawaan di mana keterbelakangan mental berkembang jika diet tertentu tidak diikuti) baca label dengan hati-hati sebelum menggunakan ibuprofen. Beberapa jenis ibuprofen mungkin dimaniskan dengan aspartam, fenilalanin sumber.

Apa yang harus saya lakukan jika saya lupa minum obat?

 

Minum obat yang terlupa segera setelah Anda mengingatnya. Namun, jika Anda lupa meminum obat pada waktu minum obat berikutnya, lewati obat yang lupa diminum dan terus minum obat sesuai jadwal rutin Anda. Jangan meminum 2 obat sekaligus untuk mengganti obat yang lupa diminum.

Apa efek samping dapat menyebabkan obat ini?

Ibuprofen dapat menyebabkan efek samping. Beritahu dokter jika ada gejala yang parah atau berlangsung lama seperti sembelit, diare, gas atau kembung, pusing, gugup, dering di telinga
Beberapa efek samping dapat serius.

0 komentar:

Posting Komentar

Dunia Kecil crybabyzz, A Little Wordl with Great Dreams...Hope you'll enjoy it... Gamsa hamida.....!!!! Annyeong.....!!!!