Kamis, 19 Januari 2012

Sediaan Serbuk >> Tugas Teknologi Sediaan Farmasi Padat (Arsip 2007)


Jenis-jenis serbuk 
Menurut Farmakope Indonesia edisi III, serbuk dibagi atas dua yakni :
Pulveres (serbuk bagi). Serbuk bagi adalah serbuk yang dibagi dalam bobot yang lebih kurang sama, dibungkus menggunakan bahan pengemas yang cocok untuk sekali minum, dan
Pulvis adspersorius (serbuk tabur). Serbuk tabur adalah serbuk bebas dari butiran kasar dan dimaksudkan untuk obat luar.

Menurut Farmakope Indonesia edisi IV, serbuk oral dapat diserahkan dalam bentuk :
Serbuk terbagi (Pulveres). Pada umumnya serbuk terbagi dibungkus dengan kertas perkamen
Serbuk tidak terbagi (Pulvis). Serbuk oral tidak terbagi hanya terbatas pada obat yang relatif tidak poten, seperti laksan, antasida, makanan diet dan beberapa analgetik tertentu. Serbuk tidak terbagi lainnya antara lain, serbuk gigi, serbuk tabur. Serbuk tidak terbagi sebaiknya disimpan dalam wadah gelas, bermulut lebar, tertutup rapat untuk melindungi pengaruh atmosfer dan mencegah penguapan senyawa yang mudah menguap. Serbuk tabur adalah serbuk ringan untuk penggunaan topikal, dapat dikemas dalam wadah yang bagian atasnya berlubang halus untuk memudahkan penggunaan pada kulit.


Menurut R. Voigt
Serbuk hendaknya dibedakan antara serbuk sederhana dan serbuk campuran, yang disediakan sebagai serbuk kemas (khususnya serbuk lambung) dan serbuk takaran tunggal, yang dibungkus setelah ditimbang satu persatu di kertas perkamen atau dalam bentuk bahan yang diisikan ke dalam wafel, kapsul gelatin atau ampul kering. Ke dalam klasifikasi serbuk termasuk juga bubuk, yang hanya digunakan untuk pemakaian luar.

Keuntungan Serbuk
Menurut Ansel :
Serbuk dapat dibuat dari bahan obat tumbuh-tumbuhan yang dikeringkan secara alamiah

Kerugian serbuk
Menurut Ansel :
1.      Keengganan meminum obat yang pahit atau rasa yang tidak enak
2.      Kesulitan menahan terurainya bahan-bahan higroskopis
3.      Kandungannya mudah mencair atau menguap
4.      Waktu dan biaya yang dibutuhkan pada pengolahannya
5.      Harus memperhatikan pembungkusannya dalam keseragaman dosis tunggal.
                                                     

0 komentar:

Posting Komentar

Dunia Kecil crybabyzz, A Little Wordl with Great Dreams...Hope you'll enjoy it... Gamsa hamida.....!!!! Annyeong.....!!!!