Minggu, 01 Januari 2012

Apa yang menarik di 2012?

Setelah seluruh penjuru dunia menyambut dan merayakannya kedatangannya, kini tibalah kita di hari pertama di tahun 2012 ini. Saat sedang mengetik ini, saya hanya merasa tak ingin melewatkan moment awal tahun begitu saja, jadi awalnya sich tanpa judul. Lalu tiba-tiba saya terpikirkan akan sesuatu....

Apa sich yang menarik dari 2012? tahun yang baru saja kita sambut meriah kedatangannya....

2012. Hmm....Sesuatu langsung hal yang tiba-tiba saya ingat adalah Ramalan tentang hari kiamat  yang katanya akan terjadi pada tahun 2012. Ramalan ini pun difilmkan dengan judul yang sama "2012". Film yang disutradarai oleh Rolland Emmerich dan dirilis 3 tahun yang lalu tepatnya pada bulan November 2009. Sedikit menyegarkan ingatan kita. Film ini terinspirasi dari kalender "Long Count" Maya, yang katanya akan berhenti berputar di tahun 2012, bulan Desember, tanggal 21 tepat jam 11 atau bertepatan dengan titik balik matahari musim dingin di belahan bumi utara. Kalender Maya sendiri adalah kalender yang disusun oleh sebuah peradaban yang dikenal dengan nama Maya pada kisaran 250-900 M. Kabarnya suku ini sangat terobsesi dengan waktu. Pemahaman dan prediksi berbagai siklus waktu akan memberi mereka kemampuan untuk mengadaptasinya dalam kehidupan di dunia. Menurut kosmologi bangsa Maya, dunia ini telah diciptakan 5 kali dan dihancurkan 4 kali. Dalam skala yang sementara, berbagai hari di dalam satu tahun dianggap cocok untuk aktivitas tertentu, sedangkan sebagian lainnya merupakan ketidakberuntungan.
Nah, menurut kepercayaan suku Maya, sesuatu yang buruk akan terjadi jika kalender “Long Count” berakhir. Berbagai pembagian dilakukan para ahli, namun karena suku Maya mendasarkan perhitungan numerik pada siklus 13 dan 20, maka bisa jadi hari terakhir kalender mereka adalah 13.0.0.0.0. Kapankah itu? Angka 13.0.0.0.0 merepresentasikan 5126 tahun dan “Long Count” ini berawal pada 0.0.0.0.0 yakni 11 Agustus 3114 SM menurut penanggalan Gregorian. Sehingga,  dengan demikian, kalender Maya akan berakhir 5126 tahun kemudian, yakni 21 Desember 2012.
Ini dia gambar Kalender Maya

Tentang benar tidaknya ramalan itu. Jawaban saya cuma satu wallaahuallambissawab. Saya pikir kita sebagai umat manusia hanya bisa berpendapat, karena segala yang pasti datangnya dari sang Maha Pencipta, Allah yang telah mengatur Qadha dan Qadar atasnya. Jadi, perlu diingat, siklus kalender Maya boleh saja berakhir, namun siklus baru akan kembali berulang....dan membawa hari baru bagi penghuni Bumi.Oke. Back to the point....itulah dia hal menarik yang sempat terpikirkan (hehehe,,,buat yang ngarep banyak maaf yah), tapi satu hal pasti adalah bagaimana kita membuat tahun ini menjadi menarik itu kembali ke pribadi masing-masing (soalnya kita yang jalanin dan rasakan kan).So, sedikit saran untuk hal diatas, isilah hari-hari kita dengan hal positif (tentunya harapan buat diri pribadi ) Insya Allah berberkah dech. Amin.

Sebelum nutup tulisan ini, Saya juga mau mengingatkan sesuatu. Jangan lupa yach untuk membuat "2012's Resolution List". Sejauh ini saya sendiri belum buat secara resmi sih (cieelaa, nyatat maksudnya), soalnya yang kepikiran cuma satu jadi simpannya di otak aja dulu, heheeh...... 

0 komentar:

Posting Komentar

Dunia Kecil crybabyzz, A Little Wordl with Great Dreams...Hope you'll enjoy it... Gamsa hamida.....!!!! Annyeong.....!!!!