Kamis, 26 Januari 2012

Kembali Mengingat Kisah si "Pendekar Pemanah Rajawali"


Mungkin masih kebawa serunya episode tadi, jadinya sekarang saya ingin sedikit mengupas balik tentang kisah si "Pendekar Pemanah Rajawali" yang versi terbarunya telah tayang di Indosiar sejak 8 Desember 2011 yang lalu. 

Legenda Pendekar Pemanah Rajawali sebenarnya diangkat dari novel silat legendaris dengan judul asli Sia Tiaw  Eng Hiong karya Louis Cha yang di Indonesia lebih dikenal dengan nama pena Jin Yong atau Chin Yung pada tahun 1957 dan merupakan bagian pertama dari trilogi. Saking terkenalnya, akhirnya kisah ini diadaptasi dalam berbagai film, serial TV, manga, anime dan sebagainya. Dalam bahasa Inggrisnya, serial ini dikenal dengan nama Legend of The Condor Heroes atau sering juga ditulis The Brave Archer.

Kisahnya dimulai dari dua orang pahlawan, Yo Tiat Sim  (Yang Tie Xin) dan Kwee Siauw Thian (Guo Xiao Tian) yang setia pada Dinasti Song. tapi terbunuh oleh pasukan bangsawan negeri Kim, Wanyen Hong Lie. Istri Kwee Siauw Thian, Li Ping melahirkan seorang putra yang bernama Kwee Ceng (Guo Jing ) di padang rumput Mongolia. Ia tumbuh menjadi pria yang berpikir lambat alias rada-rada bodoh., tetapi tampan dan baik hati. Sedangkan Istri Yo Tiat Sim, Pao Sek Yok (Bao Xi Ruo) terpaksa menjadi istri Wanyen Hong Lie demi membesarkan putranya, Yo Kang (Yang Kang) yang kemudian lebih dikenal dengan nama Wanyen Kang dan digelari pangeran kecil.

Kwee Ceng yang sedang berkelana ke daratan Tiongkok tak sengaja bertemu dengan seorang gadis cantik yang kelak menjadi cinta sejatinya bernama Oey Yong (Huang Rong), yang merupakan putri Oey Yok Su (Yao Shi), si Sesat Timur, pemilik pulau Bunga Persik. Ia juga bertemu dengan Yo Tiat Sim  yang ternyata belum tewas namun hidup dengan menyembunyikan identitasnya.


Ilmu silat Kwee Ceng berkembang pesat ketika Ia berguru kepada Ang Cit Kong (Hong Qi-Hong ), si Pengemis Utara alias ketua Partai Pengemis.Tidak hanya itu, ia juga mendapatkan kakak angkat yang sakti namun kekanak-kanakan si Bocah Tua Nakal dari Partai Coan Cin.

Serial ini di produksi  tahun 2008 dan dibintangi oleh Hu Ge, Ariel Lin, Anthony Wong dan Yuan Hong. Serial TV versi lainnya diantaranya :

The Legend of The Condor Heroes, produksi TVB Hongkong tahun 1982 dengan pemeran Felix Wong sebagai Kwee Ceng dan mendiang Barbara Yung sebagai Oey Yong
The Legend of The Condor Heroes, produksi TVB Hongkong tahun 1995 dengan Julian Cheung sebagai Kwee Ceng dan Athena Chu sebagai Oey Yong
The New Legend of The Condor Heroes, produksi Mainland, China, tahun 2001, dengan Li Ya Peng sebagai Kwee Ceng dan Zhao Sun sebagai Oey Yong 


Pasangan Kwee Ceng dan Oey Yong tahun 1982



Bagian kedua dari trilogi ini berjudul Sin Tiaw Hiap Lu atau yang lebih akrab ditelinga dengan Kembalinya  Pendekar Pemanah Rajawali atau judul Inggrisnya Return of the Condor Heroes. Sebenarnya versi aslinya lebih tepat berjudul Pasangan Pendekar Rajawali Sakti. Novel ini pertama kali diterbitkan 20 Mei 1959 pada harian Ming Pao selama 3 tahun. Dari kisahnya muncul pasangan cinta sejati Yo Ko yang merupakan yatim piatu dari ayah Yo Kang dan ibu Bok Liamci, dan Siaw Liong Lie, Kekasih sekaligus guru Yo Ko, murid dari partai Kuburan Kuno, yang sering dipanggilnya dengan "bibi". Rasanya, masih terkenang  peran Andy Lau sebagai Yo Ko dan Idi Chan sebagai Siaw Liong Lie di serial yang tayang sekitar tahun 1995-an di TPI (MNC TV sekarang) ini.





Untuk lebih mengingatkan lagi, berikut lirik soundtrack serial ini yang dipopulerkan oleh Yuni Shara:

Siapa yang merubah hatiku
Siapa yang membuat kita satu
Selalu menyatu beban kecewa
Namun takkan ku kan berakhir

Siapa yang membuat ku pilu
Kembali datang masa lalu
Semakin dalam gejolak jiwa
Benci dan cintaku menyatu
 
Kenangan indah pun memudar
Alam pun terasa sendu
Walau kita kan berpisah
Rasa ini bergelora

Siapa yang membuat ku resah
Tak berharap untuk berjumpa
Benci dan cinta selalu menyatu
Tak pernah aku kan berakhir


Hmmm.....waktu SD dulu saya benar-benar hafal lagu ini.....tapi sekarang juga masih sih,,,hee...:)



Nah, Bagian ketiga trilogi adalah The Heaven Sword and The Dragon Sabre alias To Liong To alias Golok Pembunuh Naga.
Sebenarnya sih, tidak terkait secara langsung. Tapi Pedang Langit dan Golok Pembunuh Naga sendiri merupakan warisan dari Kwe Cheng, dimana dalam kedua senjata tersebut terdapat kitab sembilan bulan Yin (terdapat dalam pedang langit) dan kitab strategi perang Panglima Gak (terdapat dalam Golok Pembunuh Naga).
 
Kisah Golok Pembunuh Naga ini ditulis pada tahun1961 dan serialnya juga pernah ditayangkan oleh Indosiar setelah berakhirnya serial Kembalinya Pendekar Pemanah Rajawali. Dalam Serial itu Thio Bu Kie (yang diperankan oleh Tony Leung) dan Tio Beng.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Legenda_Pendekar_Pemanah_Rajawali
http://id.wikipedia.org/wiki/Kembalinya_Pendekar_Pemanah_Rajawali


2 komentar:

  1. Ada yang punya lagu soundtrack film ini yang dinyanyiin ama Yuni Shara? Ada di situs ini tapi gak tau cara downloadnya http://musikindo99.blogspot.com/2013/04/yuni-shara-return-of-condor-heroes-1996.html

    BalasHapus
  2. Gan Punya Lirik Lagu Yang Di Nyanyikan Yuni Shara Dalam Ost Return Of The Conder Hereos Tapi Yg Versi Mandarinnya,Kalau Punya Share Dong Ya , , ,
    Makasih . . .

    BalasHapus

Dunia Kecil crybabyzz, A Little Wordl with Great Dreams...Hope you'll enjoy it... Gamsa hamida.....!!!! Annyeong.....!!!!